Blog

APA SIH PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN KAOS CUTTING?

APA SIH PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN KAOS CUTTING?

APA SIH PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN KAOS CUTTING?

 

Hallooo Pejuang Sabloners,
Mimin balik lagi nih
Mau bagi-bagi informasi menarik, tentunya yang bisa menambah pengetahuan kita seputar persablonan
Jangan sampai ketinggalan artikel-artikel per-pekannya yaaa..

Nah, Kali ini Mimin mau bagi informasinya dong tentang perbedaan sablon manual dengan kaos cutting. Penasaran bagaimana penjelasan dan perbedaan dari keduanya? Yuk budayakan membaca ^^

Dunia sablon mengalami banyak perkembangan terutama dari segi teknologi yang pastinya mempengaruhi juga dalam industri sablon. Kemajuan teknologi tersebutlah yang memicu banyaknya teknik yang digunakan dalam dunia persablonan sebagai bentuk upaya memenuhi permintaan konsumen. Lalu ada apa saja tekniknya? Sebenarnya ada banyak teknik dalam pengerjaan sablon, tapi kali ini akan mimin jabarkan teknik sablon manual dan teknik kaos cutting. Penasaran apa perbedaannya? ???? Ini nih.. Cekidot

No.

Indikator Pembanding

Sablon Manual

Kaos Cutting

1.

Teknik Sablon

Menggunakan peralatan seperti screen, rakel dan lainnya yang dibagian besar proses penyablonan, menggunakan keahlian manusia untuk pengerjaannya.

Cara pemotongan bahan polyflex atau polyflock atau lainnya dengan bantuan mesin cutting sticker, mesin press kaos dan komputer tanpa menggunakan printer.

2.

Proses Pengerjaan

Proses pengerjaan membutuhkan waktu yang lebih lama karena untuk memberikan warna pada kaos harus dilakukan pengulangan teknik gesut, sehingga jika warna kaos yang digunakan banyak, maka semakin tambah lama dalam proses sablonnya.

Proses pengerjaan ± 10 menit apabila file desain simple. Tetapi jika desain yang rumit hingga detail, waktu pengerjaan sedikit lama, karena teknik pengelupasan (peeling) bahan polyflex menggunakan alat scalpel agar membentuk desain yang diinginkan harus extra sabar, teliti, focus supaya hasilnya sempurna.

3.

Kemampuan Order

Lebih mengutamakan order kaos lusinan tidak dengan sablon kaos satuan. Jika pihak jasa bisa menerima sablon kaos satuan itupun menggunakan minimum order, hal ini bertujuan untuk mengurangi biaya produksi dan sulitnya dalam proses pembuatan

Bisa order tanpa batasan minimal. Untuk sablon kaos dengan teknik cutting biasanya lebih cepat kalau misalnya orderan seperti nomor punggung.

4.

Pengunaan media tambahan saat proses sablon

Menggunakan cat/ pasta untuk pewarnaan desain. Tinta yang digunakan bermacam-macam rubber, plastisol, glow in the dark dll. Media tambahan hotgun sebagai penetralisir tinta agar tidak mengalami penurunan warna dan alat untuk lainnya biasanya menggunakan curing supaya tinta kering lebih merata.

Langsung press dipermukaan kaos dengan menggunakan mesin hot press.

5.

Hasil

Sablon manual terlihat lebih timbul karena efek dari texture cat atau pastanya

Untuk sablon kaos cutting hasilnya tidak timbul. Hasilnya menyatu, melekat pada permukaan media.

Nahh.. sekarang sudah paham dong perbedaan antara sablon manual dengan cutting. ???? semoga ilmu yang mimin bagikan bermanfaat bagi semuanyaa..
Terima kasih, dan nantikan artikel mimin dipekan-pekan berikutnya

Jangan lupa, mau pesan perlengkapan alat sablonnya, Enol solusinya

Silahkan chat admin kami ????
CSO 1: 0812-3828-5661 atau https://wa.me/6281238285661
CSO 2: 0877-2247-2277 atau https://wa.me/6287722472277