Blog

Alat sablon manual untuk memulai proses belajar sablon dari enol

Alat sablon manual untuk memulai proses belajar sablon dari enol

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Ada banyak alat sablon manual yang bisa kalian pakai untuk proses menyablon. Namun bagi kalian yang baru memulai menyablon atau baru belajar sablon pasti bingung mau beli alat yang mana dulu? ya kan?. Anda pasti bingung harus alat sablon apa saja yang berguna untuk melakukan proses belajar sablon. Tak usah bingung2 deh, menentukan alat untuk menyablon itu gampang, mau tau?.

 

Alat sablon manual untuk memulai proses belajar sablon

1. Screen dan Rakel

  

Perlu anda ketahui alat sablon pertama yang harus kalian beli adalah screen dan rakel. Nah alat ini berguna untuk melakukan proses menyablon. Screen adalah wadah tempat kita melakukan proses pencetakan gambar, screen ini terbuat dari kain kotak-kotak kecil dengan di apit kayu/almunium. Sedangkan rakel adalah alat yang kita gunakan untuk menggosok tinta ke kain sehingga menghasilkan gambar yang kita inginkan nempel ke kain. Screen dan rakel ini menjadi satu perpaduan alat yang wajib kalian miliki.

2. Obat Afdruk

Apa masih ada di antara teman-teman yang belum tau apa itu obat afdruk?. Obat afdruk itu adalah alat yang membantu kita untuk menjiplakkan gambar kedalam kain screen. Nah obat afdruk ini berfungsi untuk menghasilkan gambar yang sudah kita desain terus di jiplak ke kain screen dengan melalui proses penyinaran. Biasanya obat afdruk ini satu set dengan sensitizernya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal biasanya persentase pencampuran obat afdruk dengan sensitizer 90:10 persen.

3. Tinta Sablon

Tentunya tinta sablon merupakan salah satu alat sablon yang paling penting untuk kita sediakan. Untuk mendapatkan hasil sablon yang maksimal tentunya pemilihan tinta dengan kualitas terbaik dan merek tertentu sangat diperlukan. Jangan menilai tinta sablon dari harganya, terkadang ada tinta sablon dengan harga yang mahal tapi hasilnya sama dengan tinta dengan harga yang murah. Untuk pemilihan tinta anda perlu melakukan riset atau uji coba menyablon.

4. Biang Warna

Biang warna merupakan salah satu bahan sablon yang penting juga, setidaknya anda perlu membeli 4 biang warna saja diantaranya merah, kuning, biru, dan hitam. Untuk menghasilkan banyak warna anda cukup melakukan perpaduan antara keempat warna tersebut. Contohnya untuk mendapatkan warna hijau anda perlu mencampurkan biang warna kuning dan biru, untuk menghasilkan warna ungu anda perlu mencampurkan warna merah dan biru, begitu dengan warna lainnya sesuai dengan kaidahnya. Anda perlu melakukan banyak eksperimen untuk mendapatkan feel mencari warna yang pas sesuai keinginan anda.

5. Catalis

Catalis adalah salah satu alat sablon yang berfungsi untuk mengeraskan hasil afdrukan. Jadi bila anda ingin melakukan sablon untuk beberapa kali misalnya screen akan dipakai untuk besok dan seminggu lagi. Maka catalis ini menjadi sangat penting, untuk mengawetkan hasil afdrukan agar tidak luntur saat proses cuci screen. Cara menggunakan catalis ini cukup simple, saat screen sudah kering dari proses penyinaran dan penyemprotan anda cukup mengoleskan calatis ini depan dan belakang bidang kain screen, lalu keringkan setelah itu bilas dengan air dan keringkan kembali. Screen siap dipakai untuk proses menyablon.

6. Kotak Penyinaran/Meja Afdruk

Sebelum melakukan sablon, alat yang perlu anda sediakan adalah kotak atau box tempat penyinaran. Ini menjadi penting untuk mendukung proses afdrukan yaitu proses menjiplak gambar ke kain screen dengan cara penyinaran. Untuk menghasilkan afdrukan yang baik, anda perlu melakukan eksperimen berapa lama proses penyinaran ini, waktu yang diperlukan selama penyinaran tergantung dari jumlah cahaya yg dihasilkan oleh lampu, contoh dengan 10 lampu TL 18watt cukup dilakukan penyinaran selama 2-3 menit.

 

7. Penyemprot screen

Anda perlu membeli penyemprot screen seperti gambar di atas, agar mempermudah anda dalam melakukan semprotan setelah screen selesai di sinar. Untuk melakukan semprotan ini anda harus hati-hati, tidak perlu dengan kekuatan penuh saat menyemprot, pelan-pelan saja ini bertuan agar afdrukan tidak pecah. Tapi jika proses afdrukannya sempurna, waktu penyinaran pas, dan obat afdruknya bagus maka semprot dengan kekuatan penuh pun tidak akan merusak afdrukan.

8. Meja sablon

Meja sablon juga menjadi hal penting yang perlu anda pikirkan. Untuk menghasilkan sablon yang cerah dan tebal anda harus melakukan beberapa kali proses menyablon bisa sampai 3-4 lapisan. Nah dengan hanya modal screen dan rakel aja anda akan mengalami kesulitan karena untuk melakukan 3-4 kali lapisan anda pasti mendapatkan kesulitas saat mengepaskan antara screen dengan kain jadi ada perlu meja sablon untuk kedudukan yang persisi, jadi untuk melakukan 2-4 kali lapisan hasil sablon anda tidak lari dari lapisan pertama. Ada banyak alat sablon manual yang fungsinya sama dengan meja sablon seperti frame persisi, meja catok, dan mesin rotari.

9. Kain

Untuk melakukan percobaan-percobaan menyablon anda memerlukan kain sebagai wadah tempat melakukan cetakan. Anda harus menyiapkan potongan-potongan kain yang banyak untuk membantu anda dalam proses belajar sablon. Teknik sablon pun akan menjadi berbeda antara kain terang dan kain gelap. Untuk kain yang terang (kain warna putih) biasanya kita bisa melakukan sablon hanya 1 kali lapis saja. Sedangkan kain warna gelap contohnya kain hitam, anda harus melakukan sablonan 3-4 kali lapis.

10. Mesin Press

Sebenarnya mesin press ini tidak terlalu penting untuk anda yang baru belajar di sablon. Tapi mesin press menjadi penting apabila anda ingin mendapatkan hasil sablon yang bagus. Lagi pula mesin press ini juga berguna untuk anda yang ingin melakukan beberapa teknik sablon, seperti discarge, form atau sablon timbul, dan lainnya.

 

Demikian Penjelasan singkat dari kedaisablon.com semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang hendak belajar sablon dan bertanya-tanya alat apa saja yang di perlukan untuk belajar sablon manual. Saya rasa itu saja yang alat sablon manual yang perlu anda sediakan, bila anda merasa ada yang kurang silahkan komen di bawah. Terimakasih.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb